Jangan Takut Dengan Tanggal Tua, Ini Tipsnya


Blogo.ID Artikel : Jangan Takut Dengan Tanggal Tua, Ini Tipsnya

Tanggal tua merupakan momok yang ditakuti hampir setiap pekerja. Bagaimana caranya bertahan dengan isi dompet yang semakin menipis? Akhirnya, beberapa orang terpaksa menggunakan bantuan si ‘kartu ajaib’ alias kartu kredit. Belum lagi, ada juga yang bertahan dengan cara mengurangi frekuensi makan maupun mengkonsumsi makanan instan. Fenomena tanggal tua sesungguhnya dapat ditangkal dengan sedikit disiplin dan siasat.

Jangan Takut Dengan Tanggal Tua, Ini Tipsnya

Memilik Bawa Bekal Ketimbang Jajan

Masak sendiri tentunya lebih higienis dibandingkan jajan, karena Anda mengetahui bahan makanan apa saja yang digunakan, juga kebersihan dapur saat menyiapkan bekal tersebut. Selain lebih baik untuk tubuh, membawa bekal juga akan membuat kantong Anda lebih ‘sehat’. Membawa bekal tidak berarti Anda tidak diperbolehkan jajan karena pasti ada kejenuhan akibat kerap mengkonsumsi masakan sendiri. Jika di hari kerja Anda sudah berhemat dari masak, menghabiskan akhir pekan untuk makan di luar tentu dapat mendatangkan kepuasan.

Habiskan Akhir Pekan / Libur Di Rumah

Fun tidak melulu harus dilakukan dengan kegiatan di luar rumah yang menghabiskan banyak uang. Kegiatan asyik pun dapat Anda nikmati di rumah, misalnya saja bermain board game bersama teman-teman atau anggota keluarga tercinta. ‘Asyik’ juga dapat bermodalkan koneksi internet, laptop, sebuah film bagus dan sekeranjang popcorn. Bahagia itu sederhana, bukan?

Kelola Keuangan Dari Awal

Kehabisan uang dapat berakar dari tidak mengatur keuangan saat menerima gaji. Pada saat rekening terisi, orang cenderung membelanjakannya dengan berlebihan tanpa berpikir panjang mengenai rencana keuangan sebulan ke depan. Anda dapat menerapkan 50/30/20 budgeting rule di mana 50% gaji digunakan untuk hal yang sifatnya kebutuhan seperti membayar sewa dan tagihan; 30% dibelanjakan untuk hiburan seperti nonton bioskop dan menyantap makanan yang diinginkan; dan 20% dialokasikan untuk tujuan finansial seperti tabungan pensiun atau pengeluaran tak terduga.

Cari Pekerjaan Sampingan

Tips terakhir ini bersifat opsional, artinya bagi setiap individu, hal ini mungkin atau mungkin saja tidak dapat dilakukan. Yang jelas, ambil pekerjaan sampingan yang bersifat lebih ringan dan fun dibanding pekerjaan utama Anda karena besar kemungkinan, pekerjaan utama akan lebih menyita waktu dan mendatangkan stres. Internet sudah bukan hanya sebuah kebutuhan, namun gaya hidup. Pekerjaan seperti membuka toko online, menjadi kontributor artikel di suatu website, dan menjadi publisher Adsense adalah beberapa opsi yang dapat Anda pertimbangkan sebagai sumber pendapatan sekunder.

Tanggal tua? Sudah tidak takut, tuh!

Tinggalkan Komentar